KEGIATAN PUNCAK BULAN BAHASA TAHUN 2023: “MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU”

SD Negeri Padurenan VI pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023 bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda kembali menggelar kegiatan puncak bulan bahasa. Sebelumnya kegiatan ini sudah dilaksanakan juga pada bulan Oktober tahun 2019. Selain merupakan program rutin sekolah untuk meningkatkan pembiasaan berliterasi dilingkungan sekolah bagi peserta didik, merupakan ajang ekspresi siswa/siswi sekaligus mengapresiasi semangat mereka untuk berproses dalam pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Acara ini adalah puncak dari rangkaian berbagai kegiatan estafet yang sudah terlaksana mulai dari awal tahun pelajaran 2023-2024.


Persiapan dan pelaksanaan kegiatan sudah berjalan dari awal bulan Agustus, dengan membentuk panitia yang merupakan kolaborasi tim literasi sekolah serta melibatkan rekan-rekan guru semua. Dengan pengarahan dari kepala sekolah dalam penentuan panitia beserta rundown acara kegiatan disertai semangat untuk memajukan program literasi sekolah, seluruh kegiatan dapat berjalan lancar dan baik.


Dalam acara pihak sekolah mengundang perwakilan dari UPP Mustikajaya yang diwakilkan oleh pengawas Bapak Darsiwa, M.Pd dan Bapak Zaenudin. Kegiatan juga mengundang orangtua peserta didik, unsur-unsur donatur yang berperan mendukung acara. Kemudian untuk memeriahkan acara untuk menambah semangat anak anak dalam menyaksikan penampilan teman-temannya, juga mengundang kak Adi dan kak Uci sebagai pendongeng dengan cerita menarik dan menghibur. Penampilan kedua bintang tamu juga bersilang tampil bersama anak-anak dari perwakilan kelas 1 sampai 6 dengan penampilan yang berbeda seperti berpidato, membaca puisi, bernyanyi dan menari. Selain itu ibu kepala sekolah meresmikan lorong literasi Gempita (Gerakan Membaca Padurenan Enam Penuh Cinta) sebagai perwujudan sarana untuk mengakomodir kebutuhan peserta didik dalam menampilkan dan melihat hasil karya dalam berliterasi.


Ibu Nuraini, S.Pd.,MM.Pd sebagai kepala sekolah memberikan apresiasi yang tinggi, mengucapkan terima kasih atas kerjasama berbagai pihak mulai dari guru, staff, orangtua peserta didik, para donatur dan para siswa/siswi SD Negeri Padurenan VI yang adalah pemeran utama dalam acara ini. Ibu pimpinan berharap melalui kegiatan ini, membangun karakter anak-anak dalam berliterasi dan berkreasi terus melaju menjadi anak anak bangsa yang maju.


Tamu undangan yaitu bapak Zaenudin dalam sambutannya sangat senang karena sekolah dapat melaksanakan kegiatan ini dengan tema yang tepat dan berlangsung meriah serta dengan persiapan yang matang. Beliau juga mengapresiasi baru SD Negeri Padurenan VI yang melaksanakan kegiatan ini dan berharap praktik baik ini dapat diikuti oleh sekolah lainnya.


Acara bulan bahasa berlangsung mulai pukul 07.00 wib dan berakhir pukul 11.00 wib dan dalam acara ini seluruh urutan penampilan tepat waktu dan sesuai dengan rencana yang telah dilaksanakan. Melalui acara peringatan bulan bahasa ini, semoga menjadi pemicu dan pemacu semangat belajar, berkreasi, mandiri dan menyenangkan bagi seluruh peserta didik sehingga dalam membangun karakter pembelajar peserta didik yang lebih baik tidak lepas dari dukungan dan peran semua pihak baik langsung maupun tidak langsung, baik moril maupun materil. Melalui kegiatan ini menjadi motivasi untuk seluruh peserta didik meningkatkan kecintaannya terhadap bangsa, negara serta bahasa pemersatu seluruh rakyat Indonesia yaitu bahasa Indonesia.

(Visited 1 times, 2 visits today)